Review Apple Watch 5 Series : Raja Jam Sepanjang Masa

BAGAIMANA MUNGKIN, selama lima tahun terakhir, jam tangan pintar yang diakui sebagai yang terbaik di dunia juga merupakan jam tangan yang tidak selalu menunjukkan waktu?

Tapi inilah kebenarannya. Sejak Apple Watch pertama kali diluncurkan pada 2015, ia berevolusi dari is-it-an-iPhone-killer? ke pelacak kebugaran pembunuh ke monitor EKG yang disetujui FDA. Pembaca: Apple Watch telah menyelamatkan banyak nyawa. Ini telah menemukan wanita yang tersapu ke laut. Itu telah membuat pria dengan detak jantung tak menentu menangis setelah mengetahui seberapa dekat mereka dengan ambang kematian.

Namun itu tidak selalu menunjukkan waktu hari. Tidak kecuali Anda mengetuknya atau memutar pergelangan tangan Anda ke arah wajah Anda.

Sampai sekarang. Apple Watch Series 5 adalah Apple Watch pertama yang selalu menunjukkan waktu. Jika Anda menempatkan Seri 4 tahun lalu di sebelah Seri 5 tahun ini, Anda tidak akan melihat adanya perbedaan. "Mahkota digital" di bagian samping arloji bahkan memiliki garis tipis yang sama jika Anda memiliki versi selulernya. Apa yang akan Anda perhatikan adalah bahwa, ketika layar Seri 4 beralih ke mode tidur setelah 15 detik, layar Seri 5 bertransisi menjadi versi redup dan menyusut dari mana pun arloji wajah yang Anda gunakan.

Banyak orang yang membaca ulasan ini mungkin sudah tahu untuk apa Apple Watch dan bagaimana kerjanya. Tetapi tidak seperti smartphone, yang telah matang sebagai produk dan digunakan oleh sebagian besar populasi global, produk yang dapat dikenakan masih membawa suasana misteri bagi banyak konsumen.

Apple Watch terhubung secara nirkabel ke iPhone dan melacak pergerakan Anda sepanjang hari. Ini juga menunjukkan Anda pemberitahuan yang sama yang Anda lihat di ponsel Anda. Meskipun ini sering berarti sarang lebah yang benar-benar berdebar dan berdengung dan ping di pergelangan tangan Anda, ini memberikan manfaat tidak selalu harus memeriksa telepon Anda. Saat Anda menerima SMS, Anda tidak perlu merogoh saku Anda; Anda bisa melihat pergelangan tangan Anda.

Saat pertama kali diluncurkan, Apple Watch juga diluncurkan sebagai platform untuk aplikasi pihak ketiga. Namun seiring waktu, nilainya sebagai pelacak kebugaran dan sebagai platform untuk aplikasi Apple menjadi jelas. Saya pribadi suka Apple Watch sebagai pelacak kebugaran. Bahkan ketika saya tidak dalam fase latihan aktif, ia melacak seberapa banyak saya bergerak dan berdiri. Selama setahun terakhir saya telah menukar hanya untuk smartwatch Samsung atau Garmin yang dapat dikenakan dengan baterai yang tahan lama dan kemampuan untuk melacak tidur saya.

Apple Watch sangat berguna untuk pemberitahuan Pesan, tetapi sebagai pekerja meja saya sudah terpaku pada layar yang lebih besar dengan aplikasi. Secara anekdot, dokter, perawat, pengemudi, orang yang bekerja di layanan makanan dan keramahtamahan — orang yang tidak bisa memeriksa pesan mereka sepanjang hari — katakan padaku mereka suka Apple Watch sebagai cara alternatif untuk menerima pemberitahuan.

Studi kasus
Apple Watch tahun ini tidak terlihat berbeda dari Watch tahun lalu. Saya tidak akan mengatakan bahwa Apple Watch secara sepihak menarik, tetapi berbeda. Tidak memiliki estetika yang maskulin secara terang-terangan yang dimiliki beberapa jam tangan pintar, dan lebih canggih dari kebanyakan Fitbit. (Sekali lagi, Fitbits lebih murah daripada Apple Watches, dan bekerja dengan ponsel Android, bukan hanya dengan perangkat iOS.)

Model dasar Apple Watch tahun ini memiliki casing aluminium, seperti tahun-tahun sebelumnya. Biayanya $ 399, kecuali jika Anda menginginkan modem seluler (ketika Anda tersapu ke laut!), Dalam hal ini harganya $ 499. Anda dapat meningkatkan ke model stainless steel ($ 699), versi titanium ($ 799), atau model dengan kasing keramik ($ 1.299). Anda bahkan dapat membeli versi bermerek Hermès dengan harga rendah, rendah $ 1.399. Saya sudah memakai aluminium Seri 5 dengan konektivitas seluler.

Arloji hadir dengan band arloji yang mudah ditukar, dan tahun ini aliran pembelian untuk arloji baru lebih dapat disesuaikan: Anda dapat pergi ke situs web Apple dan memilih ukuran, casing, dan band Anda secara bersamaan. Beberapa band pricier berharga $ 100 ekstra atau lebih.

Jika harga itu terlalu curam, Anda sekarang dapat membeli Apple Watch Series 3 dengan diskon $ 199. Ini memiliki GPS dan fitur pengusiran air yang pertama kali diperkenalkan di Seri 2, sehingga Anda dapat membawanya di kolam renang. Ia juga memiliki opsi untuk menambahkan konektivitas seluler seharga $ 100. Tetapi Seri 3 akan memiliki chip yang lebih tua di dalamnya, dan itu tidak akan mendukung aplikasi perekaman EKG Apple dan fitur-fitur lain yang tersebar, seperti pendeteksian jatuh atau kemampuan untuk mengangkat pergelangan tangan Anda dan berbicara segera ke Siri tanpa mengatakan "Hai Siri" terlebih dahulu. Apple Watch Series 5 melakukan semua ini. (Jika Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada Seri 4, itu tidak lagi dijual oleh Apple.)

Cerita di dalam
Berbicara tentang chip, Apple Watch Series 5 memiliki spesifikasi kinerja yang sama dengan jam tangan pintar sebelumnya. Secara teknis ia memiliki SIP baru — sistem itu dalam satu paket — karena Apple telah menambahkan sensor yang diperlukan untuk menyalakan kompas digital pada arloji, plus modem yang mendukung panggilan darurat internasional. Tetapi kecepatan prosesornya sama dengan tahun lalu, kejutan dari sebuah perusahaan yang membanggakan tentang inovasi chip ponselnya hampir setiap tahun.

Saya tidak dapat menguji fitur panggilan darurat internasional baru. Editor saya tidak menyetujui perjalanan menit terakhir ke Meksiko, jika Anda bisa mempercayainya. Tetapi saya memang menggunakan jam tangan pintar untuk membuat panggilan telepon terlepas dari telepon saya yang sebenarnya. Saya tidak mengalami gangguan apa pun ketika saya keluar dari kantor dan memulai panggilan telepon — sebuah skenario yang menyebabkan masalah pada masa-masa awal jam tangan seluler Apple karena handoff dari jaringan Wi-Fi ke seluler — dan panggilan terdengar hebat, karena jam tangan pintar. Ibuku, panggilan teleponku yang utama, setuju.

Cahaya Abadi
Fitur baru yang menonjol di Apple Watch Series 5 adalah tampilan yang selalu menyala. Ini adalah perubahan kecil yang memengaruhi kegunaan jam tangan dengan cara yang nyata. Akhirnya: Apple Watch sekarang menjadi jam tangan yang selalu memberi tahu waktu. Apple mengklaim tampilan ini adalah yang pertama dari jenisnya di industri ini; yang lain, seperti Garmin, Polar, Fitbit, dan Pebble yang bernasib buruk, sebelumnya telah melakukan smartwatch layar selalu aktif, tetapi dengan berbagai jenis layar. Apple telah mengambil teknologi oksida polisilikon suhu rendah dan mengintegrasikannya ke dalam tampilan OLED Watch.

Jadi alih-alih layar menjadi hitam total, wajah redup dan sedikit menyusut. Mode selalu aktif ini hanya berfungsi di seluruh aplikasi tertentu dan menonton wajah untuk memulai. Ini bekerja pada semua wajah arloji Apple sendiri; Apple masih belum terbuka terhadap gagasan pembuat aplikasi pihak ketiga yang memiliki wajah jam tangan pintar. Ini juga berfungsi di aplikasi latihan Apple, yang berarti selama berlari di luar ruangan, saya selalu bisa melihat sekilas waktu latihan dan kecepatan serta jarak saya.

Sayangnya, tampilan redup ini juga sulit dilihat di bawah sinar matahari yang cerah, sesuatu yang ditemukan oleh LCD transistor film tipis di beberapa jam tangan pintar lainnya. Dan dengan aplikasi lain di jam tangan, seperti aplikasi telepon, mode selalu aktif hanya menunjukkan waktu hari. Jika Anda menggunakan Arloji untuk melakukan panggilan, wajah yang redup tidak akan menunjukkan panjang panggilan Anda atau tombol "putus panggilan" merah.

Apple juga memperkenalkan laju penyegaran variabel dengan Apple Watch baru ini. Saat Arloji aktif, layar menyala 60 hz penuh. Saat tidak aktif, tampilan arloji turun ke kecepatan refresh yang lebih rendah, yaitu 1 jam. Ini membantu menghemat masa pakai baterai, yang selalu menjadi salah satu keluhan terbesar saya dengan Apple Watch.

Baterai
Meskipun selalu ditampilkan, Apple Watch Series 5 seharusnya memiliki daya tahan baterai yang sama dengan generasi sebelumnya: 18 jam, atau "sepanjang hari" seperti Apple menyebutnya, dengan asumsi Anda hanya tidur sekitar enam jam setiap malam.

Saya tahu pasti ada orang-orang di luar sana yang memiliki rutinitas pengisian gadget yang benar-benar mudah, pucks yang tampak ramping, dan bantalan pengisi daya di nightstand mereka, kabel eksklusif siap di mana pun mereka berada. Saya bukan salah satu dari orang-orang ini. Saya mencoba mengisi daya arloji di luar kamar tidur, untuk menghindari gangguan oleh pemberitahuan atau LED hijau berkedip yang digunakannya untuk mengukur detak jantung saya. Ketika saya lupa meletakkan jam tangan pada pengisi dayanya, saya melepasnya dari pergelangan tangan saya dan melemparkannya ... ke mana saja. Sama dengan telepon. Pada hari-hari (atau malam-malam) seperti ini, saya biasanya mendapatkan sekitar satu setengah hari dari Apple Watch dengan sekali pengisian daya.

Seri 5 cocok dengan pengalaman ini. Tadi malam saya lupa mengisi daya arloji, dan saya mendapat pemberitahuan baterai lemah sekitar jam 11 pagi hari ini. Tentu saja, itu tergantung pada apa yang Anda lakukan dengan arloji; jika Anda menggunakan GPS di aplikasi latihan selama tiga jam setiap hari (tidak disarankan) atau terus-menerus menggunakan aplikasi telepon di pergelangan tangan Anda (juga tidak disarankan), baterai akan lebih cepat habis.

Trik Baru
Ada fitur-fitur baru lainnya pada arloji Seri 5 yang saya kenakan, tetapi kebanyakan karena pembaruan sistem operasi, yang disebut WatchOS 6. Dan beberapa fitur ini juga akan datang ke Apple Watches yang lebih lama.

Perangkat tambahan termasuk Memo Suara di jam tangan, yang, sebagai jurnalis, saya suka; Saya dapat mengetuk rekaman pada Arloji saya, dan itu akan menyimpan file audio ke cloud. Aplikasi Noise baru membuat Anda mengetahui tingkat desibel dari kebisingan di sekitar Anda. Menurut aplikasi Noise, jalan-jalan terdekat San Francisco tidak mungkin merusak pendengaran saya. Ada juga aplikasi kalkulator baru, aplikasi untuk buku audio, dan aplikasi untuk melacak siklus menstruasi Anda. Dengan frustrasi, Anda masih tidak dapat menggunakan suara Anda untuk mendikte Catatan teks di Apple Watch. Aplikasi Pengingat, lebih dari daftar periksa untuk tugas harian Anda, dapat berfungsi sebagai semacam proksi untuk ini.

Pesta Tidur
Menjelang Apple Watch yang baru diumumkan, dikabarkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan fitur pelacakan tidur untuk yang dapat dikenakan. Tapi saat ini, masih belum ada aplikasi bawaan untuk ini di Apple Watch. Hampir setiap pesaing di pasar yang dapat dikenakan menawarkan cara untuk memantau tidur Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang melacak pola tidur pada Watch dalam semalam, tetapi masih ada satu hal yang tahan baterai. Jika Anda menjalankan aplikasi sepanjang malam, Anda harus mencari waktu lain untuk mengisinya lagi pada hari berikutnya, dan setiap hari.

Apple Watch Series 5 adalah jam tangan pintar yang sangat baik. Anda tidak harus memutakhirkan hanya untuk tampilan yang selalu aktif, tetapi jika Anda melakukannya, Anda akan senang memilikinya. Satu-satunya hal yang akan memberikan smartwatch lebih menarik adalah jika Apple mempertimbangkan untuk membukanya untuk pengguna Android. Anda masih harus memiliki iPhone untuk menggunakan Apple Watch. Tentu saja, produktivitas Anda, kesehatan Anda, kesejahteraan Anda secara keseluruhan sangat berarti bagi Apple — Anda hanya perlu membayar perangkat keras premium terlebih dahulu.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.kanalpedia.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment